Wednesday 4 February 2015

Zumba Dance Menjadi Pilihan Para Ibu Masa Kini

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan nama gerakan tarian ini. Bisa dikatakan ini bukan sekedar tarian tetapi lebih banyak unsur olahraganya. Zumba dance pada akhirnya menambah pilihan dari sekian banyak olahraga kebugaran. Olahraga zumba menggabungkan gerakan fitness dengan tarian Latin, seperti salsa dan merengue, yang dilakukan dalam iringan irama musik Latin. 

Mengambil istilah dari kata zum-zum, yang dalam bahasa Kolumbia berarti gerakan cepat, olahraga ini diperkenalkan oleh Alberto ‘Beto’ Perez, yang kini menjabat sebagai Creative Director Zumba Fitness. Zumba yang berkembang sejak tahun 2001 ini sekarang bukan sekadar alternatif olahraga, tapi juga sudah menjadi tren.

Berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti zumba dance ini

1. Membakar kalori
Tari Zumba dapat menurunkan berat badan Anda dengancara membakar banyak kalori. Tari Zumba tergolong cepat, mudah diingat, dan berirama dansa. Setiap satu kali latihan, akan membantu Anda menurunkan sedikitnya 500 sampai 800 kalori. Angka sebesar itu cukup tinggi, terutama untuk yang pemula.

2. Latihan pernapasan
Tari Zuma hampir sama seperti aerobik. Aerobik sendiri akan membantu Anda dalam mengatur napas dalam-dalam, sehingga Anda dapat menurunkan berat badan secara cepat. Tari Zuma juga dapat menguatkan paru-paru Anda.

3. Membuat Anda lincah
Selain membantu Anda menurunkan berat badan, Zumba juga dapat membuat Anda lebih lincah. Karena pada dasarnya Zumba memiliki gerak yang mampu bekerja seirama antara bagian tubuh dengan otot.
Memadukan antara gerakan olahraga dan musik merupakan sebuah perpaduan yang sangat sinkron. Bila anda pernah mendengar tentang hormon endofrin, maka dengan iringan musik ini  dapat memacu menurunkan tingkat stress anda dan anda akan menjadi relaks.

Hormon Endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorfin diproduksi oleh tubuh kita (kelenjar pituitary) yaitu pada saat kita merasa bahagia(tertawat) dan pada saat kita istirahat yang cukup. Hormon ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi. Endorphin dalam tubuh bisa dipicu munculnya melalui berbagai kegiatan, seperti pernapasan yang dalam,  relaksasi, serta meditasi.

Anda ingin menjadi bagian dari ibu-ibu muda yang energik dan penuh semangat ? Semangat anda pastinya akan menjadi penyemangat orang-orang disekitar anda…mungkin zumba dance menjadi salah satu alternatif anda berikutnya … Untuk anda para muslimah pastinya bisa tetap mempertahankan aurat anda saat berolahraga dengan berjilbab.

4 comments:

  1. Apa kabar mas Nit. Stay di mana sekarang.
    Kalau di Jakarta, rasanya kita perlu untuk bertemu dan bertukar sapa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik .. Mas Arya bagaimana kabar...saya di Cilandak..ayo..boleh2...
      Ini sudah lama saya gak ngeblog lagi ni....wkwkk...

      Delete
  2. Wakakka.. panggil Arya saja lah. Merasa gimana gitu.
    Cilandak? Saya di Tangerang sekarang. Bolehlah, saya hubung via FB saja, tukar pin ATM. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkk...boleh tukar pin atmnya..tapi saya tutup dulu ya rekeningnya....
      aku cek fb ya ...

      Delete