Friday 17 December 2010

Tips Mencari Kerja

Udah lama nie gw pengen buatin tips nyari kerja ini kebetulan baru terpikir kembali dan gw coba tuangkan dalam versi gw. Ini hanya beberapa saja dengan harapan tetap bermanfaat...

1> IPK Kelulusan
Ini penting lo soalnya hal pertama yang bakalan disortir khususnya bagi yang fresh graduate adalah nilai akhir di transkrip kita alias IPK. IPK kita secara keseluruhan menggambarkan performa kita selama menghabiskan waktu perkuliahan. (walaupun pada dasarnya IPK bukan sesuatu yang menjanjikan dalam keberhasilan dalam karir)

2> Memilih iklan lowongan kerja (loker)
Nyari informasi loker yang paling sering adalah lewat surat kabar dan situs loker di internet. Bacalah baik2 informasi dan persyaratan yang diminta saat anda membaca loker di surat kabar. Ingat semakin besar iklan yang dipasang maka bayaran pengiklan pasti semakin besar juga ke pihak surat kabar. Nah bisa dibayangin kan jika kita menganalogikan besar iklan lowongan yg terpasang dengan "besar/kecilnya" perusahan tsb. Ada beberapa perusahan yang sering membuka loker karena memang semakin banyak jumlah karyawannya maka semakin banyak profit yang didapatkan. Misalkan saja perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran ataupun bursa. Pilihlah iklan yang anda yakini benar2 menggambarkan kemampuan dan keinginan anda dan profesionalitas perusahaan yang ingin dilamar.

Sekedar share aja nie, gw pernah melamar pada sebuah perusahaan X yang termuat dalam iklan kecil di sebuah surat kabar nasional terkenal. Kejadiannya udah lama sih :) ternyata perusahaan tsb adalah jasa penyalur tenaga kerja. Tempatnya seperti rumah biasa dan didalamnya lorongnya sempit dengan penerangan yang seadanya, lokasinya di daerah bilangan bekasi. Gw dulu ngelamarnya sebagai drafter, saat ditest gw menyanggupi bisa nyelesein dalam sekian jam. Tapi sayangnya belum selese waktu yang disepakati gw udah di suruh berhenti dan dipanggil. Alhasil gw disuruh kursus lagi di tempat tsb dan mesti membayar sekian rupiah. Terus terang gw kaget soalnya belum kerja aja udah diminta bayaran...ckckckkk..

Untuk info loker di dunia maya banyak juga lo pilihannya mis. www.jobsdb.com, www.karir.com, www.petromindo.com atau untuk beberapa perusahaaan besar biasanya bisa langsung mendaftar di websitenya pilihlah menu career / karir....

3> Psikotest
Sekedar latihan psikotest bisa membantu daya nalar kita lo, setidaknya kita bisa mengerti bahwa jawaban2 pertanyaan dalam psikotest bisa dijawab dengan logika2. Bagi yang masih awam dan belum pernah ngliat soal2 seperti ini bakalan gugup deh pas udah waktunya. Oh iya untuk soal penjumlahan ke bawah dalam ukuran kertas koran, sekedar saran aja nie... saat berpindah dari kolom satu ke berikutnya baiknya saat itu anda menarik napas baru..karena itu akan membantu pikiran anda untuk lebih berkonsentrasi kembali.

4> Wawancara
Berpakaian rapih sangat disarankan. Saat wawancara diusahakan dalam keadaan rileks dan pandangan mata tidak menunduk ataupun mengarah kemana2. Tetap fokus pada pertanyaan dan pandangan sang pewawancara. Bila anda sudah pernah bekerja sebelumnya maka siapkanlah jawaban jika anda ditanyakan improvement yang pernah anda lakukan di tempat kerja semula.

5> Umur
Oh iya, ada anggapan saat baru lulus perkuliahan anda akan istirahat dulu beberapa tahun baru nyari kerja. Menurut gw sebaiknya jangan...karena mesti diingat kalo umur anda akan terus bertambah. Dan dalam persyaratan loker umumnya mencantumkan request umur...

6 comments:

  1. bagus tuh, ntar buat pengalaman nyari kerja

    ReplyDelete
  2. iya choirul..jangan lupa milih iklan loker yang agak gedean di surat kabar ya...heheheee...

    ReplyDelete
  3. Syarat Pertama Harus Lulus dulu bagiyang kuliah.. hehehe

    ReplyDelete
  4. betul2... ayo kuliah yg rajin biar cepet selese..:)

    ReplyDelete
  5. Bener bgt tips nya
    Tp, kantor gue yg karyawannya cuman 10 masang iklan gede-gede di koran.. (menjerat calon karyawan) kekkeke

    ReplyDelete
  6. waaah...kalo itu modalnya gede ya...wakakkk...

    ReplyDelete