Sunday 18 May 2008

Sekilas Preventive Maintenance


Mungkin kita telah sering mendengar tentang istilah ini. Pada dasarnya ini adalah suatu langkah yang tepat dalam pemeliharaan kendaraan bermotor. Dalam skala kecil biasanya yang memiliki kendaraan akan selalu membawa kendaraannya ke bengkel atau tempat service untuk melakukan pengecekaan ataupun penggantian oli sesuai dengan besarnya "km" yang disarankan dealer kendaraan yang dimiliki.

Preventive maintenance dapat diartikan sebagai pemeliharaan unit / kendaraan yang terencana untuk memperpanjang usia / life unit tersebut dan mencegah terjadinya breakdown selama unit tersebut beroperasi.

Saat unit berhenti beroperasi untuk dilakukan PM, semua prosedure harus dilakukan, seperti penggantian oli ataupun flushing, inspeksi, pengambilan sample oil untuk di cek di laboratorium, adjusting, pembersihan dsb.

Penggantian oli berfungsi untuk pembersihan dalam sistem machine unit karena selain melumasi dinding engine atau komponen, oli sekaligus dapat membawa partikel2 sepanjang jalur yang dilewatinya. Partikel2 logam yang berasal dari salah satu bagian engine dapat juga langsung dibersihkan oleh oli yang kemudian masuk kedalam oil pan untuk bersikulasi kembali. Pengambilan oil sampling untuk diuji di laboratorium juga sangat penting karena dengan demikian kita bisa mengetahui jenis partikel apa saja yang berada dalam jalur siklus oli tersebut yang kemudian dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk dianalisa lebih lanjut.

Dari sisi lainnya, kesadaran sang empunya kendaraan sangat diharapkan untuk selalu konsisten melakukan langkah preventive maintenance ini. Akan sangat baik jika kita membuatkan jadwal tetap secara tertulis untuk dipatuhi demi kesehatan kendaraan kita.

No comments:

Post a Comment