Friday, 6 February 2015

Mengapa Gigi Anda Kuning ?

Anda senang selfie ? Pastinya  untuk memperlihatkan keceriaan anda saat itu adalah dengan memberikan senyuman anda yang terindah bukan. Sebagian orang merasa tidak percaya diri saat berfoto kemudian menampakkan gigi mereka, cukup dengan senyuman itu sudah dirasa cukup.
Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi anda terlihat kuning


 Usia
Seiring dengan bertambahnya usia, gigi akan semakin berwarna gelap. Pada usia tua produktivitas tubuh untuk menyerap nutrisi dan vitamin semakin menurun. Oleh karena itu, kalsium yang diserap tubuh semakin lama semakin sedikit. Padahal kita tahu bahwa gigi sangat membutuhkan kalsium untuk tetap kuat dan sehat. Pasta gigi mungkin tidak akan banyak membantu, namun gigi tetap membutuhkan pasta gigi yang berkualitas untuk menjaga kekuatan gigi dari luar, agar tidak mudah rapuh.

Faktor genetika
Masing-masing orang memiliki warna dasar gigi yang berbeda. Ada yang pada dasarnya memiliki gigi putih, namun ada juga yang tidak. Warna gigi ini dipengaruhi oleh pembentukan tulang, yang pada dasarnya memiliki genetika yang berbeda.


Genetika dan usia, pengaruh yang cukup besar untuk ukuran tebal dan tipis gigi. Setiap orang memiliki bentuk gigi dan ketebalan yang berbeda-beda. Tebal tipisnya dinding gigi ini kemudian mempengaruhi warna gigi. Dinding gigi yang tipis cenderung lebih transparan dan kuning. Gigi jenis ini pada umumnya membutuhkan bleaching agar bisa putih. Sedangkan gigi yang tebal cenderung berwarna terang.

Kebiasaan makan
Kebiasaan mengkonsumsi makanan juga berpengaruh terhadap warna gigi. Beberapa makanan berwarna dapat membuat gigi menjadi kuning dan gelap. Sebut saja di antaranya: anggur, kopi, teh, soda, wortel, jeruk, dan makanan yang mengandung warna lainnya. Makanan yang mengandung pewarna itu, jika dikonsumsi terus menerus akan membuat gigi tidak putih lagi. Terlebih, asam yang terkandung dalam buah-buahan masam akan memicu munculnya warna kuning dari gigi. Beberapa jenis makanan dan minuman tersebut mengandung kromogen yang berpotensi menodai warna gigi. Kromogen sendiri mengandung pigmen warna yang sangat mudah menempel di enamel gigi. Oleh karenanya sejumlah makanan tersebut akan membuat gigi berubah warna. Makanan yang asam pun akan semakin memperparah efek ini. Asam mebuat kromogen kian mudah melekat di gigi kita.

Kebiasaan merokok
Nikotin membawa pengaruh yang sangat buruk bagi gigi. Hampir semua perokok mustahil memiliki gigi putih. Rata-rata dari mereka selalu memiliki gigi kecoklatan, berkerak dan bahkan mulai rontok. Ternyata nikotin pada rokok tak hanya jahat pada jantung dan paru-paru, efek pada gigipun sangat buruk. Sepertinya Anda lebih baik berhenti merokok jika ingin memiliki tubuh dan gigi sehat serta gigi putih cemerlang.

Stress
Stres tidak hanya menimbulkan jerawat di wajah Anda. Stress juga mampu menimbulkan penipisan dinding gigi serta penimbunan kerak. Apalagi jika Anda tidak rajin menggosok gigi. Bayangkan saja berapa banyak kuman yang menimbulkan berbagai gangguan/penyakit di dalam mulut.


Teh Herbal
Menjaga kelangsingan tubuh serta kesehatan dengan teh herbal menjadi kebiasaan yang umum akhir-akhir ini. Tubuh terasa lebih bugar, dan lebih langsing. Namun, ternyata teh herbal ini membawa efek samping yang buruk bagi gigi. Mereka yang rutin mengonsumsi teh herbal cenderung memiliki gigi kuning. Menanggapi hal ini, para peneliti Jepang, seperti dilansir Dailymail, menyarankan agar para konsumen teh herbal lebih memilih teh hijau. Kandungan katekin di dalam teh hijau dipercaya dapat menekan bakteri pemroduksi asam di gigi, sehingga gigi kuning lebih mudah dicegah.

Obat Mata
Mungkin Anda bingung, apa hubungan obat tetes mata dengan kuningnya gigi. Namun, obat tetes mata ini memang menjadi salah satu penyebab gigi menjadi kuning. Kandungan kimia dalam obat tetes mata menekan produksi saliva. Di mana saliva akan menetralisir asam di dalam mulut. Karena jumlah saliva ini berkurang, secara otomatis asam di dalam mulut akan meningkat. Di sini bakteri akan berkembang biak lebih pesat, sehingga gigi menjadi kuning.

Berenang
Hasil studi yang dilakukan terhadap 500 orang perenang menyebutkan bahwa 66% dari perenang mengalami kerusakan pada gigi serta gigi kuning. Hal ini disebabkan karena kandungan klorin yang tinggi di dalam air kolam. Klorin tersebut mempengaruhi pH air yang menyebabkan kandungan asamnya lebih tinggi. Untuk itu, jangan lupa menyikat gigi setelah berenang.

Pemutih gigi
Bagaimana bisa pemutih gigi malah membuat gigi menjadi kuning? Well, ternyata cara kerja pemutih gigi ini tidak sesederhana yang kita pikirkan. Kebanyakan, pemutih gigi bekerja dengan mengerosi gigi. Dan seringkali, pemutih gigi yang dikenakan di rumah, tidak bekerja secara maksimal. Bukannya memutihkan, mereka malah mengikis gigi, membuatnya rapuh dan kuning.

White Wine
Anda mungkin berpikir bahwa anggur merah justru buruk untuk gigi, karena warna merahnya. Namun ternyata anggur putih justru memberikan efek lebih buruk bagi gigi. “Anggur putih lebih cepat mengikis gigi,” ungkap Dr Paul Ashley, direktur institusi kesehatan gigi, di University College Hospitals.

Menyikat gigi setelah makan yang manis
Saking takutnya ada bakteri yang tinggal di gigi, maka Anda akan buru-buru menyikat gigi setelah makan yang manis-manis. Benarkah hal ini? Ternyata justru hal ini salah. Setelah proses pengunyahan, maka mulut cenderung bersifat asam. Saat ini akhirnya gigi menetralisir keadaan mulut dengan mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi. Jika Anda terburu-buru menyikat gigi, maka enamel ini akan terbuang sia-sia dan bakteri justru bebas berkembang. Untuk itu sangat disarankan menyikat gigi setidaknya 1 jam setelah makan yang manis-manis.

Diabetes
Tak bisa dipungkiri bahwa penyakit yang satu ini memang menyumbangkan efek gigi kuning, rapuh bahkan keropos. Sayangnya, banyak penderita diabetes tidak menyadari bahwa penyakitnya ini juga mempengaruhi keadaan giginya.

Minuman berenergi
Karena dibuat untuk menggantikan energi dan garam yang hilang saat berolahraga, maka minuman berenergi dilengkapi dengan gula dan asam.
Berdasarkan studi yang dilakukan University of Birmingham, ditemukan bahwa minuman berenergi bersifat korosif ketimbang air mineral. Zat kimia yang terkandung dalam minuman berenergi cenderung merusak dan mengikis gigi.

Antibiotik
Antibiotik yang dikonsumsi oleh si anak juga ikut berperan pada pembentukan warna kuning digiginya. Sebab antibiotik yang diminum dibawa melalui pembuluh darah yang sebagian diendapkan pada gigi.
Adapun antiboitik yang amat menmpengaruhi pembentukan warna kuning pada gigi terutama pada gigi bayi adalah tetrasiklin yang dapat membuat gigi berwarna kuning keabu-abuan. Apabila hal ini terjadi pada masa gigi susu tumbuh pada anak, maka kemungkinanan penyebabnya bisa dikarenakan konsumsi tetrasiklin pada saat masa kehamilan anda. Hanya saja, dewasa ini penemuan kasus kelainan gigi pada anak akibat konsumsi tetrasiklin amatlah jarang. Hal ini dikarenakan, saat ini penggunaan tetrasiklin dilarang keras saat masa kehamilan dan usia anak dibawah usia 12 tahun. Dari literatur yang lain juga mengatakan  antibiotik tetracycline dan doxycline bisa membuat gigi menjadi cokelat kekuningan bila dikonsumsi anak berumur kurang dari delapan tahun. Antiseptik pembersih mulut dari kuman pun ternyata juga bisa memengaruhi warna gigi Anda. Jadi bijak-bijaklah saat memilih antibiotik dan antiseptik mulut.

sumber :
http://bidanku.com/penyebab-gigi-kuning-pada-anak
https://dianyulisady.wordpress.com/2012/03/27/mengapa-gigi-bisa-berwarna-kuning/
http://intisari-online.com/read/mengapa-gigi-bisa-berwarna-kuning

10 comments:

  1. Wahh, nice info banget nih. Ternyata banyak hal yang bisa bikin gigi kita warnanya berubah jadi kuning. Thanks gan sdh dishare ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya... :D

      Delete
  2. bang helmy...piye kabareeeee? lama ga mampir nih...sibuk bener ye kayanya :D

    ReplyDelete
  3. Wahh, nice info banget nih. Ternyata banyak hal yang bisa bikin gigi kita warnanya berubah jadi kuning. Thanks gan sdh dishare ^^

    Obat Pembengkakan Kelenjar Leher

    ReplyDelete
  4. karena jarang gosok gigi tentunya menjadi faktor utama gigi kuning :D

    ReplyDelete
  5. ternyata menyikat gigi setelah makan yang manis juga mempengaruhi warna gigi ya ? walaah

    ReplyDelete
  6. obat mata juga ternyata bisa berpengaruh terhadap warna gigi ya.

    ReplyDelete