Wednesday 4 February 2015

Menulis vs Pikun

Semakin bertambahnya usia kondisi seseorang akan mengalami penurunan, salah satunya adalah daya ingat. Namun tidak mesti karena faktor usia seseorang mengalami penurunan daya ingat, karena hal ini berkaitan dengan fungsi sel saraf otak kita. Bisa saja karena terbentur benda keras seseorang kemudian mengalami penurunan daya ingat. Penurunan daya ingat dalam bahasa medis dikenal dengan istilah dementia.

Pikun disebabkan oleh adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar sel-sel tersebut terganggu, misalnya bagian kiri hemisphere otak bertanggung jawab dalam kemampuan menganalisis, logika dan bahasa.

Dari beberapa literatur dikatakan bahwa sel-sel saraf otak kita perlu senantiasa diberikan stimulasi untuk mengurangi kemungkinan pikun ini terjadi dan membuat otak kita menjadi aktif bekerja, salah satu caranya adalah dengan menulis. Mudah dan bermanfaat bukan ? Menyalurkan bakat menulis andapun beragam, anda bisa menyalurkan dengan mengisi rubrik-rubrik diskusi di media, membuat cerpen, menulis buku, ataupun aktif dalam kegiatan menulis di blog. Mari kita galakkan untuk gemar menulis....

2 comments:

  1. Setuju, mas. Dengan menulis, membantu ingatan kita tetap stabil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. keep blogging mas...makasih kunjungannya :D

      Delete